Arapaima Sang Monster Air Tawar

 


Tahukah Kalian!
Ternyata pada tahun 2019, Arapaima sempat menggemparkan warga Jawa Timur lho! Sejumlah 11 ekor Arapaima Gigas ini dilepas begitu saja oleh seorang kolektor di Sungai Brantas Mojokerto. Dan akhirnya KKP pun dengan tegas memerintahkan agar ikan tersebut ditangkap kembali dan kalau bisa dimusnahkan, karena dinilai dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.

Arapaima ini termasuk invasive alien species (IAS) di Indonesia. Apakah kalian tau invasive alien species? Invasive alien species (IAS) atau Spesies Asing Invasif (SAI) adalah spesies pendatang di suatu wilayah yang hidupnya berkembang biak di wilayah yang diintroduksi baik secara langsung maupun tidak langsung. Invasive alien species ini menjadi ancaman bagi biodiversitas, dan ekosistemnya.

Fakta Arapaima:

1.    Tubuhnya memiliki ukuran yang rata-rata panjang lebih dari 2 m dan berat 100 kg. Dan bahkan pernah ditemukan yang panjang tubuhnya lebih dari 4.5 m dan berat 200 kg. WAW!! Besar sekali yaaa!

2.    Termasuk Makhluk Kuno. Arapaima ini genus yang berasal dari Amerika Serikat dan dianggap fosil hidup karena karakter morfologis serta anatominya mirip dengan binatang kuno.

3.    Rakus dan Super Kuat dengan bentuk tubuhnya yang ramping dan efisien, sirip pada punggung dan daerah anal, serta ekornya membuat arapaima ini menjadi perenang yang kuat. Bahkan, dapat melompat keluar dari air dan memakan hewan lain seperti burung, katak, dll. Dan arapaima ini dikatakan sebagai predator yang memangsa ikan lain dengan rakus. Itulah yang mengakibatkan punahnya ikan lokal Indonesia dan kerusakan ekosistem.

4.    Mampu bertahan seharian TANPA AIR karena memilikiswim bladder  (kandung kemih) yang dimodifikasi dan digunakan sebagai paru-paru untuk bernafasnya. Mereka akan berenang ke permukaan untuk bernafas setiap 10-20 menit sekali. Dan dapat bertahan lebih dari 24 jam di luar air.

5.    Musuh IKAN PIRANHA

6.    Enak dimakan karena dagingnya sangat lezat dan merupakan salah satu spesies ikan yang paling dicari di Amerika Serikat karena untuk dimakan.


Tenang, sampai saat ini belum ada laporan mengenai penyerangan arapaima terhadap manusia secara langsung. 

Komentar

Postingan Populer